KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

398. Sejarah Material Design!

398. Sejarah Material Design!

3 Comments

398. Sejarah Material Design! Ini Dia nih tampilan Google sebelum masa jabatan Larry Page.

398. Sejarah Material Design! Ini Dia nih tampilan Google sebelum masa jabatan Larry Page. Sebelum 2011! Gak ntangka yah dulu Google desainya seperti ini.

Sebelum tahun 2011, Google dikenal sebagai perusahaan IT yang hebat, besar, kaya raya namun, tidak pernah dikenal karena desainnya. Tahun 2011, Larry Page mengambil alih tongkat kepemimpinan Google dan dia menyadari betapa pentingnya desain untuk berbagai produk Google. Desain yang baik akan membuat pengguna nyaman menggunakan setiap produk Google. Pengguna yang nyaman menggunakan akan menjadi pengguna rutin/loyal. Pengguna rutin akan meningkatkan pendapatan dan valuasi Google. Hebatnya lagi pengguna yang loyal menggunakan satu aplikasi Google akan cenderung lebih mudah tertarik dan loyal menggunakan aplikasi buatan google lainnya.

Larry Page pun melakukan rombak ulang semua desain dari produk Google. Masalahnya adalah Google merupakan kumpulan tim yang mengerjakan satu produk untuk satu tim besar. Banyaknya produk dan keberagaman desain serta kurangnya komunikasi membuat produk google saat itu tidak memiliki ciri khas desain yang berkesinambungan satu dengan yang lain. Larry Page pun mengumpulkan para pimpinan produk dan desainer lalu membuat Google Creative Lab.

398. Sejarah Material Design! Perbedaan design Android Holo dan Kennedy. Menurut Saya sih lebih keren gaya Kennedy yah.

398. Sejarah Material Design! Perbedaan design Android Holo dan Kennedy. Menurut Saya sih lebih keren gaya Kennedy yah.

Googlepun membuat projek untuk merombak ulang semua tampilan produk Google dan dinamakan Project Kennedy. Project Kennedy berhasil menyatukan desain produk-produk Google dengan gaya yang penuh white space, sederhana dan layout yang lebih teratur. Perubahan desain terbesar terlihat pada Gmail, Google+, Youtube dan berbagai produk Google di web lainnya. Secara UX produk Google versi Project Kennedy lebih enak dan nyaman digunakan.

Android yang berkembang dan memperbaiki desainnya pada tiap update pun akhirnya menggunakan gaya desain HOLO. HOLO merupakan gaya desain Android yang mirip film Tron. Gaya HOLO ini amat berbeda jauh dengan gaya desain Proect Kennedy dari Google.Gaya Holo memiliki ciri khas penuh kegelapan dan warna biru serta putih.

398. Sejarah Material Design! Project kennedy cs HOLO

398. Sejarah Material Design! Project kennedy vs HOLO. Liat perbedaan antara Gmail versi project Kennedy (kiri) dan Holo (kanan). Secara UX lebih keren project kennedy juga sih.

Pada Tahun 2013, Googlepun ingin menyatukan gaya dari tiap produknya di Project kennedy dengan gaya Holo sehingga terciptalah gaya material design. Dimana semua produk Google yang ada di web, Android, iOS dan di Chrome OS akan menggunakan tampilan yang sama, gaya yang sama dan prinsip yang sama. Sampai tulisan ini di tulis ( April 2015) Google pun masih mengembangkan Material Design.

P.S: Perusahaan sebesar Google saja butuh waktu 4 tahun lebih untuk menyatukan semua desain produknya. Desain itu butuh proses dan terkadang prosesnya amat panjang hingga menemukan formulanya.

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

3 thoughts on “398. Sejarah Material Design!

  1. Pingback: 422. UX Design: Perlukah update ke Material Design? | KRAUKRAUKDI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s