KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

401. Hal kecil yang mempengaruhi User Experience!

Leave a comment

401. Hal kecil yang mempengaruhi User Experience!

Hal kecil yang mempengaruhi User Experience! Buang sampah sembarangan bagi sebagian orang mungkin kecil tapi, sebenarnya dampaknya besar loh!

Guru: Buang sampah sembarangan salah ga?

Murid: SALAH…

Buang sampah sembarangan adalah tindakan yang jelas-jelas salah tapi, pada prakteknya masih banyak kok yang membuang sampah sembarangan. Alasan buang sampah sembarangan pun beragam dari malas, tidak tersedianya tempat sampah, tempat sampah jauh, dsb. Gambar diatas menceritakan apresiasi penyelenggara Car Free Day terhadap pemuda berbaju biru. Sebagai User Experience (UX) designer, tugas utama kita adalah membuat pengguna jelas untuk melakukan hal yang benar. Maksudnya disini adalah jangan pernah membuat suatu proses yang tidak jelas bagi pengguna.

Pengguna harus tau bagian mana dia berada dan apa yang akan dia lakukan dalam aplikasi atau web. UX designer juga harus mengarahkan pengguna dan menghadirkan fitur sesuai dengan apa yang pengguna harapkan. Benar-benar harus jelas dan semuanya itu harus di kemas dengan cara yang mudah.  Seperti contoh buang sampah di atas yang sebenarnya sudah jelas-jelas salah namun dilakukan juga karena, untuk melakukan hal yang benar itu sulit atau banyak halangannya (tempat sampah gak ada, jauh lah tempat sampahnya, atau mungkin ada yang gak ngerti buang sampah sembarangan itu salah,dsb). Sebisa mungkin UX designer harus menghilangkan segala halangan tersebut sehingga pengguna dapat melakukan hal yah benar.

401. Hal kecil yang mempengaruhi User Experience! Keyline

401. Hal kecil yang mempengaruhi User Experience! Keyline hal kecil dan tak terlihat pada desain yang mempengaruhi User Experience suatu produk.

Salah satu contoh paling mudah di lihat namun jarang di perhatikan adalah Keyline pada desain. Keyline sendiri berguna untuk memberikan jarak diantara konten agar lebih mudah dibaca dan konten lebih mudah dimengerti. Jarak yang tidak konsisten akan membuat pengguna lebih pusing dalam membacanya. Tips dari Saya sih,selalu perhatikan jarak di kanan, kiri , atas dan bawah layar. Pastikan juga berikan jarak yang cukup (minimal 60Dp) apabila ada tombol yang pengguna harus pencet.

401. Hal kecil yang mempengaruhi User Experience! Ini dia contoh margin/jarak pada dialogue box.

401. Hal kecil yang mempengaruhi User Experience! Ini dia contoh margin/jarak pada dialogue box.

 

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s