KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

408. Apa yang Saya pelajari dari Dribbble meetup Jakarta!

2 Comments

408. Apa yang Saya pelajari dari Dribbble meetup Jakarta!

408. Apa yang Saya pelajari dari Dribbble meetup Jakarta!

Menyambung tulisan sebelumnya, kali ini akan Saya jabarkan apa Saja yang Saya pelajari dari pertemuan Dribbble pertama di Jakarta (dribbble meetup) ini. Semoga menginspirasi dan menambah pengetahuan para pembaca yah! Pembiacara pertama adalah pak Richard Fang mantan Chief Creativve Office dari tiket.com yang sekarang menjadi CEO dari WeekEnd.inc.

Beliaupun membagikan ilmu kepada para desainer khususnya UX desainer yang bekerja di Startup. Berikut ini penjabaran delapan poin pentingnya:

1. Kenali secara menyeluruh bisnis modelnya. Sebagai Desainer wajib hukumnya mengerti secara menyeluruh model bisnis dari perusahaan tempat desainer itu bekerja. Hal ini berguna agar, setiap hal yang desainer rancang mendorong pengguna agar mau membayar sesuai model bisnis dari sang startup.

 

2. Branding: karakter produknya gimana? Branding dalam hal ini bukan hanya menyangkut hal visual saja tapi, juga karakter dari brand tersebut. Karakter disini bisa dilihat dari cara komunikasi dengan pengguna baik langsung maupun lewat sosial media, cara berbicara costumer service dan terutama kesan apa yang brand mau sampaikan dan dikenal oleh penggunannya.

 

3. Fungsi lebih penting daripada keindahan. Buatlah sesuatu yang berfungsi dahulu baru, di buat lebih indah.

408. Apa yang Saya pelajari dari Dribbble meetup Jakarta! Diagram Minimum Viable Producct

408. Apa yang Saya pelajari dari Dribbble meetup Jakarta! Diagram Minimum Viable Producct

4. Bikin MVPnya dulu. MVP (Minimum Viable Product) adalah produk paling minimal untuk mencapai tujuan si startup. Fokuslah pada satu fungsi dahulu, setelah satu fungsi itu sudah benar-benar baik dan berjalan baru tambah fungsi lainnya.

 

5. Don’t reinvent the wheel. Pakailah berbagai resource design dan framework yang sudah ada. Jangan kerjakan semuanya dari 0. Hal ini berguna supaya mempercepat proses pembuatan produk si startup

 

6. Desainer harus pengertian dan posisikan diri Anda sebagai pengguna. Dalam hal ini desainer, harus rajin mendengarkan dan bertemu dengan pengguna agar semakin mengerti apa yang sebenarnya di butuhkan sang pengguna.

408. Apa yang Saya pelajari dari Dribbble meetup Jakarta! Pikirkan baik-baik jika au menambah fitur baru.

408. Apa yang Saya pelajari dari Dribbble meetup Jakarta! Wahai UX designer, Pikirkan baik-baik jika mau menambah fitur baru.

7. Hati-hati dengan fitur baru yang mengerikan bagi pengguna. Tanpa disadari seiring berjalannya waktu, Startup oastinya menambah fitur baru bagi penggunannya. Tanpa disadari fitur baru ini bukannya membantu pengguna malahan, membuat pengguna terganggu ataupun ketakutan dalam memakainya. Contohnya perkembangan Google+ dari social media menjadi aplikasi yang bisa mem back-up foto secara otomatis ke Google+. Hal ini terbukti bukannya membuat pengguna ketagihan memakai Google+ namun, membuat pengguna ketakutan (karena pengguna gak mau semua fotonya ke upload ke sosial media). Sebelum menambahkan fitur baru sellau tanyakan; “Kenapa fitur baru ini harus ada?”

 

8. Jangan cepat puas dengan desain yang ada sekarang. Harus di perbaiki terus dan menerus. Lakukan riset kepada pengguna, cari permasalahan yang ada dan perbaiki dari segi desain.

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

2 thoughts on “408. Apa yang Saya pelajari dari Dribbble meetup Jakarta!

  1. Useful banget sih koo blognya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s