KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

435. Game Design: Dragons Rise of berk dari cinta jadi benci!

Leave a comment

435. Game Design: Dragons Rise of berk dari cinta jadi benci!  Ini dia Green Death

435. Game Design: Dragons Rise of berk dari cinta jadi benci! Ini dia Green Death

Beberapa bulan ini ditengah banyaknya tugas menjelang lebaran, Saya menyempatkan diri untuk bermain game. Biasnanya sih bermain game di PC tapi, dikarenakan energi saat pulang ke rumah sudah minim jadinya main game di smartphone saja deh. Game yang saya mainkan di waktu senggang adalah DRAGONS: Rise of berk. Game besutan Ludia dan Dreamworks ini adalah game memelihara naga dan kota layaknya zoo tycoon. Game ini merupakan perpanjangan franchise dari How to train your dragons.

DRAGONS: Rise of berk juga menyediakan fitur peperangan dimana, naga yang kita pelihara bisa diajak berperang untuk mempertahankan tanah tempat kita tinggal (Berk) dari serangan musuh. Peperangannya sih monoton. Secara game design DRAGONS: Rise of berk memiliki tingkat kesulitan yang cukup menantang dan mengasyikan terutama, di probabilitas menemukan naga barunya.

Hingga minggu yang lalu, Game yang dimainkan jutaan pemain dan memiliki fans setia ini mendadak dibenci. DRAGONS: Rise of berk mendadak dibenci karena terlalu rakus dan haus akan uang dari penggunannya. DRAGONS: Rise of berk mulai mengadakan kampanye untuk mendapatkan Titan Dragons (Naga raksasa yang ada di film dan serialnya How to Train your dragons). Harga 1 naga Titans bisa mencapai Rp500.000,- atau setengah juta sendiri.

435. Game Design: Dragons Rise of berk dari cinta jadi benci!  Ini dia kampanye media sosial dari sang developer

435. Game Design: Dragons Rise of berk dari cinta jadi benci! Ini dia kampanye media sosial dari sang developer

Saking maruknya DRAGONS: Rise of berk juga, mengadakan pre order dimana naga titan bisa didapatkan dengan lebih cepat dan lebih mudah. Harga pre ordernyapun tak kalah mahalnya bahkan, hingga ratusan dollar! Buseeet! Lebih buruknya lagi,untuk menggunakan Titan Dragon yang berjumlah 4 ini memerlukan Runes(uang di game) yang sangat banyak. Sungguh game design yang buruk dan sangat memperkeruh User Experience pemain.

435. Game Design: Dragons Rise of berk dari cinta jadi benci!  Lihat jawaban dari Seth De vine.

435. Game Design: Dragons Rise of berk dari cinta jadi benci! Lihat jawaban dari Seth De vine.

Sekali mengaktifkan Titan Dragon selama 12 jam itu memerlukan 900 runes dan guna Titan Dragonsnya adalah meningkatkan 10% kekuatan selama perang. Sebagai catatan: untuk mendapatkan 900 runes secara jujur bukanlah, hal yang mudah karena untung-untungan. Ujung-ujungnya sih DRAGONS: Rise of berk ingin penggunannya menukarkan lebih banyak lagi uang dengan Runes.

Lebih parahnya lagi, Apabila pemain tidak berhasil mendapatkan Titan Dragons hal ini akan menghambat progress permainan. Kurang maruk dan parah apalagi coba game ini?

Game yang awalnya dicintai para pemainpun mulai menuai caci maki di facebooknya. Game yang serakah dan terlalu memaksa pemain untuk mengeluarkan uang lebih akan bernasib buruk dipasaran dan di benci pemain. Sebagi contohnya adalah Mass Effect 3 dan Assassins Creed UNITY. Sebenarnya hal ini bisa ditanggulangi dengan cara membuat game design yang lebih baik. Buatlah cara agar pengguna bisa tetap mendapatkan barang tersebut tanpa, menghabiskan uang asli namun dengan cara yang lebih sulit dan butuh waktu yang lama.

Tidak ada salahnya melakukan monetize pada games. Toh fungsi In App purchase adalah memudahkan pemain mencapai satu tujuan bukan, menghambat progress permainan game.

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s