KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

439. UX design:Kutukan capctha!

Leave a comment

439. UX design:Kutukan capctha!

439. UX design:Kutukan capctha!

Salah satu tugas UX designer adalah memberikan pengalaman yang nyaman dan cepat dalam produk untuk dinikmati pengguna (user). UX designer haruslah berfokus pada pengguna dan menemukan di bagian mana “pain point” pengguna saat menggunakan produk kita. Produk disini bisa aplikasi maupun website. Salah satu “pain point” dari produk adalah adanya Capctha saat memasuki aplikasi/web.

Capctha adalah penyebab utama pengguna batal atau malas untuk membuat akun pada web/aplikasi Anda. Capctha sendiri berguna untuk mendeteksi bahwa, pengguna yang mendaftar itu benar-benar manusia jadi, server web/aplikasi tidak akan dipenuhi oleh e-mail sampah atau akun palsu. Secara UX design, Capctha menjadi salah satu “Pain Point” dari produk kita karena:

  1. Susah di bacanya. Tulisan atau gambar yang ditampilkan suka abstrak.
  2. Kalau salah mengetik harus mengerjakan lagi dari awal. Tiada ampun kalau salah.
  3. Kemungkinan pengguna salah memasukan Capctha yang dimasuk besar. Hal ini membuat pengguna lama di menu yang ada Capcthanya.

Ketiga hal tersebut pastinya membuat pengguna stres. Masa belom liat dan masuk layanannya udah stres duluan? gak lucu kan? Satu-satunya solusi secara UX design adalah dengan menghilangkan Capctha.

Terus gimana donk, kalau ada bot atau spam di server?

Hal ini sebenanya bisa ditanggulangi dengan berbagai teknik. Slaah duanya adalah dengan mengecek bot dari user agent dan memfilter IP pengguna itu masuk spam bot atau bukan. Saya jamin, dengan tidak adanya Capctha pasti, pengguna baru yang membuat akun pasti bertambah banyak. AMIN!

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s