KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

446. Apa yang pelajari dari mas Agung Nugroho!

1 Comment

446. Apa yang pelajari dari mas Agung Nugroho! Walaupun sibuk tapi, mas Agung menyempatkan diri di wawancara reporter TV

446. Apa yang pelajari dari mas Agung Nugroho! Walaupun sibuk tapi, mas Agung menyempatkan diri di wawancara reporter TV

Agung Nugroho adalah senior Saya di kampus dan beliau merupakan alumni Teknik Kimia ITB. Berkiprah di selama 5 tahun sebagai konsultan di BCG dan mendapatkan beasiswa s2 MBA di Berkley HAAS, Amerika. Umurnya masih 30. Passionnya yang ingin membuat Indonesia lebih baik membuat dia kembali ke tanah air dan bertindak sebagai Project Manager di sebuah organisasi developer dan startup yang mencoba memcahkan masalah bangsa dengan teknologi bernama Code4Nation. Alumni ITB  lagi. Keren kan?

Berikut ini ada dua hal yang saya pelajari dari beliau:

1. Apa yang susah kalau setiap hari dikerjakan akan menjadi mudah

Kerjaan sebagai konsultan di BCG maupun McKinsey menyita waktu kerja 80 jam seminggu. Dari ngumpulin data, Crunching data sampai kasih solusinya ke klien. Kebayang gak gimana capeknya ” Awal-awal sih, gue bingung gimana ngerjainnya? bahasa inggris gue belepotan. Pokoknya susah banget deh awal-awal. Tapi setelah 5 tahun semua tuh udah kayak biasa banget. kayak lo udah tau abis ini tuh harus gimana? data dapet darimana? cara ngolahnya yang cepet gimana? meeting ke klien bagusnya gimana? yah jadi ga semenantang dulu” kata mas Agung.

2. Lingkungan SANGAT AMAT menentukan pola pikir seseorang

Selama berkuliah di universitas top 27 di dunia yaitu Berkeley(2012-2014), Mas Agung sering bergaul dengan orang-orang dari Sillicon Valley. Di Sillicon Valley itu gak ada yang gak mungkin. Semua ide konyol dan gak mungkinpun ada disana. Dari mobil listrik yang bisa lari jauh dan kenceng bernama Tesla sampai,Robot yang bisa lari kenceng dari Boston Dynamic, taksi ke luar angkasa bernama Space X ada. Ide yang konyol atau gak mungkin di Indonesia disana diwujudkan!

“Waktu 2013 sih, mereka semua masih cupu tapi, coba aja lo Googling mereka bertiga sekarang? Lo bakal temuin hal yang keren dan luar biasa dari mereka.” kata mas Agung. Diapun berikir bahwa, kalau di Sillicon Valley aja bisa kenapa, di Indonesia enggak? “Di Amerika yang teratur dan level imporvement nya kecil aja, peluang membuat inovasi dan kesalahan bisa besar. Kenapa di Indo yang belum teratur dan level of improvement nya besar gak ada inovasi? harusnya lebih banyak inovasi donk? ” Tukas mas Agung.

446. Apa yang pelajari dari mas Agung Nugroho! Ketemu Presiden

446. Apa yang pelajari dari mas Agung Nugroho! Ketemu Presiden

Kalau saya lihat sih ini semua hanya masalah mental. Kalau mentalnya memang kuat dan optimis, sekonyol-konyolnya ide bisa aja diwujudkan dan jadi keren. Contohnya siapa sih yang butuh ngetik 160 karakter disaat e-mail dan microsoft word udah bisa nyimpen ratusan ribu karakter? Siapa sih yang butuh handphone touch screen disaat semua orang pakai handphone yang ada keyboard fisiknya dan semua handphone touchscreen (Palm dan O2) jarang yang pakai? Semuanya tergantung mentalitas pembuatnya. Bukan otak, bukan tenaga, bukan teknik tapi, mental!

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

One thought on “446. Apa yang pelajari dari mas Agung Nugroho!

  1. Nicely written bang!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s