KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

456. 3 Tips menjalani Hackathon!

Leave a comment

456. 3 Tips menjalani Hackathon! Ini dia backdrop hackathon yang Saya ikuti

456. 3 Tips menjalani Hackathon! Ini dia backdrop hackathon yang Saya ikuti

Hackathon adalah lomba pembuatan aplikasi secara marathon alias cuman sehari kelar. Kalau diluar negeri sih brief dari permasalahan atau apa yang harus dibuat dijelaskan di awal hackathon jadi, peserta gak bisa deh tuh bikin appnya 2 bulan sebelumnya terus di masukin hackathon. Proses hackathon yang melelahkan perlu tips dan trik juga nih dalam menjalaninya. Berikut ini beberapa tips dari saya untuk para desainer,programmer dan profesi lainnya yang ingin mengikuti hackathon:

456. 3 Tips menjalani Hackathon! Karena waktu hackathon itu terbatas maka sebisa mungkin jangan sampai tidur

456. 3 Tips menjalani Hackathon! Karena waktu hackathon itu terbatas maka sebisa mungkin jangan sampai tidur

1. Nabung tidur:
Proses hackathon yang mengharuskan tim kita untuk begadang memerlukan strategi nabung tidur. Nabung tidur artinya dari 3 hari sebelum hackathon kita harus memperbanyak tidur. Sebisa mungkin tidur 10 jam berturut-turut di 3 hari tersebut. Dengan nabung tidur kita akan mengurangi ketergantungan pada kopi yang kafeinnya membahayakan jantung. Habis hackathon pun jangan lupa tidur yang panjang yah. Kurang tidur akan menurunkan sistem imun yang artinya tubuh kita jadi lebih rentan sakit.

2. Sepakati spesifikasinya:
Diawal hackathon biasanya akan di bacakan masalah apa yang harus kita jawab dengan produk kita. Perhatikan baik-baik penjelasan dari panitia dan lakukan brainstorming dengan tim sebelum membuat apa-apa. Waktu dan tenaga yang terbatas membuat kita harus bekerja cerdas dalam menjalani hackathon. Sebelum membuat apapun pastikan kita dan tim menyepakati:
1. Apa yang akan kita buat? kenapa mau buat produk kayak gitu?
2. Produk ini bisa ngapain aja?
3. Apa yang gak bisa dilakukan produk kita?
4. Selama hackathon ini, Mau digarap sampai mana? Harus se realistis mungkin.
Setelah sepakat dengan spesifikasinya maka bisa di bagi-bagi tugas dan jangan lupakan strateginya. Setelah sepakat diawal maka, sebisa mungkin jangan ada perubahan di tengah proses pembuatan. Kalau ada perubahan yah minim-minim aja lah.

456. 3 Tips menjalani Hackathon! Cover HAPI

456. 3 Tips menjalani Hackathon! Cover HAPI

3. Prototype aja!
Prototype yang berjalan cuman punya 2 fungsi dasar lebih baik daripada, 1 produk aplikasi dengan 10 fitur namun gak ada fiturnya yang bisa jalan. Pada hackathon ini yang dituntut adalah demo dari aplikasinya jadi, buatlah sesuatu yang bisa di demokan minimal 5 menit.
Jikalau memungkinkan, buatlah presentasi produk yang keren juga! Kalau gak keburu maka buatlah prototype se solid mungkin. Kodingnya dan desainnya gak perlu rapih-rapih banget yang penting bisa di jalankan. Yang penting bisa di demokan. Toh waktunya juga mepet dan makin malam kondisi fisik dan psikis tim bakal menurun.

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s