KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

458. Apa yang Saya pelajari dari program internship Kudo!

Leave a comment

Sejak bulan Juni 2015, Saya di percayai oleh CEO dan COO dari Kudo untuk memimpin program internship di Kudo. Program intern Kudo ini isinya adalah 10 mahasiswa yang akan mengisi posisi Android Developer, Php developer, copywritter dan marketing designer . FYI buat yang belum tahu, Saya adalah seorang UX designer. Jadi ngerti kan masalahnya?

Gimana caranya bikin program internship untuk para mahasiswa yang kerjanya bukan di bidang kamu? Pada tahun 2011 pun Saya internship juga sebagai 3D Artist di geppetto animation. Secara pengalaman Saya belum pernah me manage program intern. Apalagi di bidang yang bukan Saya lakukan!? orang pekerjaan intern Saya aja beda banget dengan kerjaan Saya sekarang.

Akhir September 2015, ke sepuluh intern pun menyelesaikan program internship dari Kudo. Berdasarkan feedback dari mereka:

7 dari 10 mengaku skill programming/design/copywritingnya berkembang pesat hingga 200%

8 dari 10 menjadi tertarik dengan startup serta belajar tentang project dan time management nya

8 dari 10 intern mengaku senang dan mendapatkan teman baru sesama intern

lebih dahsyatnya lagi,

10 dari 10 intern akan kembali ke Kudo lagi!

Kok bisa?

Tujuan Saya dalam menjalankan program intern ini adalah

“Menjadikan program intern Kudo yang terbaik se-Asia tenggara! “

Gileee ambisius banget ye?

untuk menjadi yang terbaik maka Saya harus cari referensi dan menemukan beberapa prinsip dibawah ini. Demi ekosistem internship di Indonesia yang lebih baik akan, saya bagikan apa yang saya pelajari dan lakukan selama program internship di Kudo. Berikut ini beberapa hal yang Saya pelajari:

Prinsip 1: Pelakukan intern dengan hati

Pada minggu awal-awal internship, Saya benar-benar gak ngerti mereka itu orangnya seperti apa? Sukanya apa? Bisanya ngapain aja? Bener-bener gak tahu lah. Gimana mau kasih program intern yang bagus kalau, kita ga tahu apa yang mereka butuhkan? Cara mengetahui apa yang mereka butuhkan adalah dengan cara komunikasi(ngomong informal atau one on one). Gimana mau komunikasi kalau gak punya hati yang peduli terhadap mereka?

Itulah yang Saya tekankan kepada diri Saya. Utamakanlah intern dibandingkan kepentingan Saya dan bahkan pekerjaan Saya. Perlakukanlah intern sebagaimana kamu mau diperlakukan sebagai Intern. jadi bayangkan diri kamu jadi intern dan bagaimana kamu mau diperlakukan?

458. Apa yang Saya pelajari dari program internship Kudo! Ini dia para internnya

458. Apa yang Saya pelajari dari program internship Kudo! Ini dia para internnya

Prinisip 2: Kerjasama dan Delegasi
Lebih susah mengingat 10 kata untuk 1 orang dibandingkan untuk 10 orang (1 kata=1 orang). Bagi-bagilah tugas kepada teman sekerja Anda. Untuk menanggulangi keterbatasan teknis dan pengetahuan Saya di bidang Android Developer, Php developer, copywritter dan marketing designer Kudopun menunjuk beberapa mentor berdasarkan projek yang dikerjakan intern. Sebagai contoh projek yang berat akan dikerjakan 3 intern dengan bimbingan 1 mentor. Projek yang lebih enteng akan dikerjakan 1 intern bersama 1 mentor.

Para mentor ini juga bukan hanya bertugas untuk membantu intern secara teknis namun, juga harus memiliki kedekatan emosional dengan para internnya. Entah itu makan-makan bareng, senang-senang bareng ataupun menjadi tempat curhat. Jadi prinsip peduli dan memperlakukan intern dengan hati harus di praktekan. Ada beberapa tugas seperti membooking tempat wisuda intern dan memberikan intern kenang-kenangan yang Saya delegasikan ke tim Saya yang non mentor. Jadi para akuntan, designer dan HRD Kudopun ikut membantu program ini.

Prinsip 3: Projek yang nyata dan dipakai
Salah satu perbedaan internship di Kudo dengan perusahaan lain yang sudah besar adalah pekerjaan yang dilakukan intern. Kalau diperusahaan besar biasanya intern diberikan side projek yang gak jelas juntrungannya dan belum tentu dipakai. Artinya nice to have tapi kalau gak ada juga ga mempengaruhi hajad hidup perusahaan. Di Kudo berbeda 180 DERAJAT! Intern mengerjakan projek yang benar-benar akan dipakai untuk perusahaan!

“Kok berani sih memberikan kepercayaan sebesar itu kepada intern? Mereka kan belum ada komitmen/kontrak dan belum lagi mahasiswa? Resikonya kan gede banget?” Pertanyaan salah satu teman Saya di perusahaan IT.

Jawabannya sederhana yaitu karena Kudo percaya kepada setiap internnya. Dengan memberikan kepercayaan yang besar serta penjelasan projek yang jelas+urgensinya: internpun akan mengeluarkan potensinya secara maksimal. Hasilnya bahkan diluar ekspektasi kami semua!

Projek yang berat dan nyata inipun haruslah di desain sesuai dengan berapa lama intern bekerja. Misalnya: Untuk projek yang sangat berat bagi-bagi juga menjadi tugas kecil-kecil yang bisa di selesai dalam 2 bulan. Jangan beri projek yang berat namun,waktunya mepet. Misalnya bikin app e-banking dalam 2 minggu dan dikerjakan 1 orang. Itu kan susah (atau hampir mustahil). Berbeda dengan bikin prototype app e-banking dan dokumentasi flow+keamanannya dalam 3 bulan. Itu kan lebih realistis.

Prinsip 4: Biarkan intern belajar dan bermain

Salah satu hal yang saya tidak sukai dari internship di perusahaan lain adalah intern datang hanya untuk bekerja saja. Jadi intern diberikan perkerjaan yang gak jelas, berat dan semua waktunya dihabiskan untuk berkerja. Pada prinsipnya tujuan mereka internship adalah untuk belajar. Kalau semua waktunya dipakai untuk bekerja kapan belajarnya?Karena itulah projek yang dikerjakan harus memiliki waktu yang lebih longgar supaya intern bisa belajar DAN bermain.

Biarkan mereka belajar dan bermain. Bermain sendiri menurut Saya sangat penting untuk membentuk ikatan yang erat antara intern dengan tim Kudo maupun ke sesama intern. Tak jarang tim Kudo yang non mentorpun mengajak intern untuk bermain. Hal ini memungkinkan intern menjadi dekat dengan tim Kudo yang bukan mentornya. Beri mereka kebebasan untuk belajar dan bermain tapi, juga harus bertanggung jawab terhadap apa yang mereka kerjakan.

Prinsip 5: Jujur

Jujur dna transparan adalah prinsip yang Kudo lakukan kepada para intern. Jujur dalam berperilaku artinya tiap tim menjadi apa adanya tanpa, ada yang sok-sok’an galak atau bijak. Jujur dalam mengkritik intern artinya gak ada yang bilang bagus-bagus aja karena, gak enak ke intern. Bagaimanapun juga kritik yang jujur itulah yang akan menjadikan karakter anak intern lebih berkembang. Kalau salah katakan dia salah. Dengan kejujuran maka, intern akan merasa lebih dihargai dan internpun akan jujur kepada tempatnya bekerja. bagaimanapun juga kejujuran itu mahal harganya!

BONUS: Berikan Intern kenang-kenangan yang keren !

Kenang-kenangan yang keren menurut Saya adalah yang bisa dipakai, bisa di pajang dan bisa di pamerkan. Kenang-kenangan inipun harus bisa menyentuh hati dan pikiran. Karena itulah Kudo memberikan kenang-kenangan seperti baju spesial intern, medali emas, foto yang dibingkai, sertifikat internship dan berbagai hal lainnya dalam satu Goodie bag yang bisa di re-cycle(harus ramah lingkungan men!). Jangan sampai kenangan yang indah selama di Kudo dilupakan begitu Saja.

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

