KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

462. 3 lapisan dalam UX design!

Leave a comment

462. 3 lapisan dalam UX design!

462. 3 lapisan dalam UX design!

UX design mungkin sudah menjadi istilah yang tidak asing lagi bagi para developer maupun divisi sales+marketing. Mulai dikenalnya UX design sayangnya masih menyisakan mispersepsi akan UX design. Masih banyak orang yang menganggap UX design yang bagus itu adalah produk yang memiliki tampilan yang keren, kece, modern dan sangat sedap di lihat. Hal itu ada benarnya namun, UX design bukan sekedar tampilan indah semata.
UX design lebih dari sekedar tampilan yang indah karena, bagi Saya UX design itu memiliki 3 lapisan atau layer di dalamnya berikut ini penjelasannya:

Lapisan pertama: User Interface
Lapisan pertama ini adalah lapisan yang pertama kali orang lihat dari produk kita. Lapisan user interface atau tampilan design dari produk kita merupakan hal pertama yang di nilai oleh pengguna kita. Pada kenyataanya “People really judge the book by it’s cover”. Hal yang penting untuk di perhatikan dari User interface atau tampilan produk kita adalah menghadirkan tampilan yang sesuai dengan tema dan tujuan produk kita. Mau itu tampilannya kaku ataupun bermain yang penting jangan lupakan aspek-aspek dasar design.
Lapisan kedua: User Friendly
Setelah dinilai dari tampilannya semata, maka hal kedua yang pengguna kita nilai adalah dari kemudahan penggunaan produk. Pertanyaannya adalah ” Apakah produk ini dapat dengan mudah saya gunakan?”. Produk yang sulit digunakan akan dengan cepat ditinggalkan atau diabaikan pengguna.
Tips dari saya sih apabila mendesain aplikasi atau web maka, gunakan konvensi( kesepakatan bersama) design yang sudah ada. Misalnya dalam mendesain aplikasi Android maka gunakanlah alur tampilan dan icon-icon serta warna yang sudah menjadi ketentuan umum dari Android. Hal ini akan memudahkan pengguna menggunakan aplikasi yang kita desain karena, mereka sudah terbiasa melihat icon atau alur seperti di aplikasi lainnya.
Lapisan ketiga: User goal
Lapisan ketiga ini adalah lapisan terdalam dari UX design. Setiap produk yang kita design baik itu web, aplikasi maupun teko harus memiliki aspek ini. Apakah produk yang kita design itu menyelesaikan masalah pengguna? Apakah produk kita mendapatkan apa yang dibutuhkan dengan produk kita?
Kedua pertanyaan itu wajib dijawab dan kalau sudah ada produknya pun wajib di survei dan riset juga. Tujuannya adalah menjadikan produk kita bisa lebih baik lagi dalam menyelesaikan masalah yang dialami penggunanya. Pengguna yang masalahnya terselesaikan akan merasa puas dan apabila kepuasan itu dipelihara akan menghasilakn pengguna setia (HARDCORE USER). Salah satu produk yang bisa menjadi contoh dari lapisan ketiga ini adalah BlackBerry messenger (BBM) yang walaupun sudah banyak aplikasi sejenis namun, masih menjadi pilihan bagi banyak orang.

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s