KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

screen-shot-2016-11-11-at-13-52-30

473. 4 Tips disipilin membaca!

Leave a comment

Kemarin, ada teman Saya yang bertanya:

” Kapan sih waktu terbaik untuk membaca? Supaya bisa disiplin gitu?”

Jawabannya adalah

“Tidak Ada!”

Kebanyakan dari kita sudah sibuk dengan pekerjaan dan memang sedikit sekali waktu luang untuk bisa membaca buku. Keterbatasan waktu luang adalah alasan utama orang tidak sempat membaca buku. Kebetulan Saya mulai rajin membaca buku dari 2 bulan lalu. Dalam 2 bulan Saya sudah membaca 8 buku yang tebalnya 1 buku adalah 300 halaman lebih. Berikut ini tips membaca ditengah hituk pikuk Ibu kota dari Saya!

  1. Siapkan waktu khusus!

    Waktu khusus disini maksudnya adalah waktu-waktu dimana Anda bisa senggang dan tidak bekerja. jadi jangan kasih patokan harus membaca dari jam 8 pagi sampai 9. Contohnya sempatkan membaca kalau sedang menunggu KRL, di dalam KRL, ataupun di dalam duduk di dalam transjakarta. Sebisa mungkin membacalah minimal selama 15 menit. Nanti makin lama juga terbiasa dan bahkan bisa membaca sampai 1 jam! weleh-weleh~

  1. Fokus kepada membaca buku!

    Kalau Saya lihat-lihat dari battery usage di smartphone Saya, kebanyakan Saya menghabiskan waktu untuk browsing(Internetan), chatting dan main sosial media. Udah cek FB beralih ke cek Twitter. Dari Twitter cek LinkedIn. Dari LinkedIn cek Path. Abis Path cek Instagram. Instagram abis cek Tokopedia (udah kayak iklan,hehehe). Kayak gak ada abis-abisnya.

    Nah, daripada cek semua sosmed dan chatting-chatting’an lebih baik sih waktu dan nafsu untuk membaca postingan itu dialihkan menjadi membaca buku di smartphone. Begitupula yang suka baca berita di detik atau kompas dot com nafsu dan waktu membacanya, bisa dialihkan untuk membaca buku. Pada dasarnya semua manusia senang membaca toh (membaca sosmed dan chatting) ? jadi yah, tinggal arahkan saja ke membaca buku.

  1. Buku elektronik vs fisik!
    Salah satu alasan orang luar negeri suka membaca buku-buku yang tebal adalah buku-buku disana enteng semua. Walaupun penampilannya tebal-tebal tapi, enteng banget! Banget deh! Kalau gak percaya coba aja bandingin buku Harry Potter cetakan Indonesia dan luar negri! Nah, solusi dari Saya sih ada baiknya membaca buku elektronik atau e-pub (Jangan PDF yah! capek nge zoom-zoom).

    Aplikasi Android seperti Pocket dan Google Play book merupakan pilihan Saya untuk membaca buku dengan format elektronik (e-pub). Apalagi sekarang beli buku di Google Play sudah bisa pakai sistem potong pulsa dan harganya lebih murah dari toko lagi. Tapi kalau pengen sekalian koleksi bukunya sih, mendingan beli versi cetaknya. Biar rumahnya kayak wallpaper orang-orang abis wisuda gitu (banyak buku warna-warni,hehe).

    background2bwisuda2bhd

  2. Sumber bacaan lain selain buku!
    Nah, ini cocok banget buat yang lagi bosen baca buku atau buku yang dibaca udah abis. Bisa mengecek Gibbon dan Medium unyuk ilmu-ilmu terkini yang dibagikan oleh para praktisi. Saya sendiri membaca Gibbon dan medium untuk hal-hal tentang desain, teknologi dan kepemimpinan.

Nah, sekian empat tips dari Saya supaya para pembaca makin rajin membaca, makin sukses dan makin berwawasan. Semoga menginspirasi🙂

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s