481. Rahasia rajin membaca: 13 Buku dalam 4 bulan!

screen-shot-2016-12-26-at-13-52-52
Gak nyangka bisa baca 13 buku di tahun 2016 ini 🙂

4 bulan lalu saya membuka buku catatan Saya, disana ada salah satu target di 2016 adalah membaca 1 buku untuk 1 bulan! Di kala itu, Saya belum membaca 1 buku pun,ahahahha! Menurut Saya sih ini targetnya gampang banget yah(ceileh~). Di pikiran Saya saat itu saya gak banyak berpikir dan refleksi kenapa kok jarang baca? kenapa target ini kok dilupakan? Dan berbagai pemikiran menghakimi diri sendiri alias guilty pleasure.

Hal yang pertama Saya lakukan adalah menerimanya.

Menerima kenyataan bahwa, selama 8 bulan di 2016 ini Saya belum membaca 1 buku pun!

Setelah menerima kenyataan (tanpa rasa menyalahkan keadaan), Saya pun membuka aplikasi Goodreads. Disana Saya lihat Goodreads cuman menargetkan Saya baca 7 buku dalam setahun. Hal ini dikarenakan, tahun lalu Saya cuman baca 2 buku. Gimana bangsa mau maju!? ahahaha~

Di Goodreads Saya lihat-lihat teman Saya yang suka baca buku baca apa aja sih? Dari situ Saya mulai memasukan judul-judul buku yang ratingnya tinggi dan Saya minati untuk di baca kedalam folder “Want to read” alias mau di baca.

Sesudah terkumpul 20 buku (maruk yah? padahal baca 1 buku aja belom,hehehe) Saya pun mulai mengunduh buku-buku tersebut ke tablet yang saya dedikasikan hanya untuk baca. Ganti waktu untuk bermain sosial media, browsing IG gak jelas dan nonton snapchat dengan membaca buku.

Setelah beberapa buku di unduh dan masukan ke tablet Android tersebut, Sayapun mulai membaca 1 judul selama perjalanan pergi ke kantor memakai bis. Yak, naik bis biar bisa baca soalnya kalau nyupir atau naik motor atau naik Go-Jek pasti susah atau gak memungkinkan.  Awalnya sih hanya kuat baca 20 halaman abis itu ngantuk. Setelah berhari-hari akhirnya kuat membaca 50-60 halaman sekali perjalanan pergi. Rata-rata buku yang saya baca ada 300 halaman. Seminggu bisa kelar 1 buku lah.

Selama membaca ini, jangan pernah buru-buru membaca. Santai saja, toh apa yang dibaca gak keluar waktu ujian,hehehe. Kalau gak ngerti kata-katanya bisa copas di Google translate. Kalau sudah selesai 1 buku, maka selama sehari itu Saya tidak akan membaca buku supaya besoknya masih punya semangat membaca buku yang baru.

Membaca 13 buku selama 4 bulan ini Saya merasa bahwa, banyak sekali ilmu-ilmu yang bisa diterapkan setiap hari dan Saya semakin belajar cara kerja cerdas alias, kerja dengan tenaga seminimal mungkin dengan hasil yang maksimal,hehehe…

Semoga cara-cara diatas bisa menginspirasi para pembaca sehingga, tahun depan bisa lebih rajin membaca. Terutama yang mau lebih rajin lagi membaca agar menjadi manusia yang lebih baik hari demi hari. Amin.

Advertisements

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

2 thoughts on “481. Rahasia rajin membaca: 13 Buku dalam 4 bulan!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s