KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

483. ONWARD review:Buku yang cocok untuk mengawali 2017!

Leave a comment

howardrwanda

Howard Schultz di Rwanda berpidato di depan para petani kopi Rwanda. Dia sedang bersosialisasi tentang “Fair Trade” Dimana Kopi harus dibeli dengan harga yang adil. Starbucks juga menyumbangkan 1 sapi yang menghasilkan Susu untuk tiap kepala keluarga petani.

“Onward” adalah mantra yang digunakan oleh Howard Schultz sang boss Starbucks yang berarti maju terus! Dalam buku Onward ini Howard menceritakan perjuangannya dalam menyelamatkan Starbucks dari kurun waktu 2006-2011. Howard merupakan CEO yang sudah meninggalkan Starbucks lalu menjadi komisaris. Di tahun 2007 Starbucks mengalami kemunduran dan krisis. Dimana kopi Starbucks kualitasnya menurun(bahkan menurut polingkalah dengan kualitas kopi McD alias McCafe), sistem pelayanannya lambat, Banyak cabang tidak produktif,dll.

Hal ini sudah di deteksi Howard dari tahun 2006 hingga akhirnya, tahun 2008 Howard kembali menjadi CEO. Layaknya Steve Jobs dan Michael Dell yang kembali memimpin begitu pula Howard. Hal ini dilakukan karena, Cinta dan passion nya terhadap kopi di Starbucks. Tujuan Howard hanya satu yaitu menjadikan Starbucks kafe kopi nomer satu di dunia yang dikenal dengan kualitas kopinya.

Perjuangan Howard selama menjadi CEO, di tumpahkan dalam buku dengan 400 halaman lebih ini. Hal yang saya pelajari dari buku ini adalah betapa sukses dan kegagalan adalah akumulasi dari pilihan-pilihan yang kita buat. Bukan karena, satu kesalahan kita menjadi gagal atau sukses. Pada tahun 2008-2010 Howard sudah melakukan banyak inovasi di Starbucks dan inovasi itu diraih dengan kerja keras.

Sudah capek-capek bikin inovasi 1 yang bermutu tinggi tapi, penjualan Starbucks tidak berubah sama sekali. Inovasi 2 diluncurkan penjualan masih menurun. Semua itu berulang hingga inovasi ke 5 dimana Starbucks baru bisa untung dalam jumlah sedikit.

Bikin 5 inovasi baru bisa untung dikit, gimana coba perasaan pak Howard di depan direksi dan bawahannya?

Semangat Howard untuk terus maju dan memperbaiki kualitas Starbucks lah yang membuat Starbucks bisa sebesar saat ini dengan 50.000 kedai kopi di seluruh dunia.

Hal yang saya kagum dari pak Howard adalah betapa dia mencintai kopi dan sangat amat perfeksionis dengan rasa kopi yang di sajikan di Starbucks. Semua proses dari penanaman, pengolahan, pemanggangan biji kopi, kerja sama dengan partner hingga penyajian di kafe di perhatikannya. Salah satu produk fenomenalnya adalah Pike Place Roast dimana semua kopi di Starbucks memiliki kualitas dan spesifikasi yang sama. Bayangkan bikin kopi untuk seluruh dunia dan kafe Starbucks dengan kualitas dan rasa yang sama yang notabene disajikan setiap hari.

Buku ini adalah buku mengenai perjuangan cinta. Dalam hal ini cinta Howard Schultz terhadap kopi dan Starbucks.

836b3f552a230c2f571d38353336daf9

Qoutes yang kece

Advertisements

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s