KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

485. The power of habit review!

1 Comment

mj-618_348_the-power-of-habit-why-we-do-what-we-do-in-life-and-business-charles-duhigg-self-help-books-that-dont-suck

Pernah liat covernya ga? ini buku udah tenar banget dan mainstream,hehehe

Demi mendukung program Arnold Rajin membaca 2017, Maka Saya membaca salah satu buku yang Mainstream dan sudah terkenal + sudah tersedia di toko-toko buku terdekat. Judulnya adalah The power of habit buatan bang Charles Duhigg.

Manusia itu pada dasarnya adalah sebuah insan yang menjalani hidupnya dengan kebiasaan ( habit ). Banyak kegiatan rutin yang kita jalani akan membentuk kebiasaan kita. Misalnya kebiasaan gosok gigi sebelum tidur. Kalau belum gosok gigi kayaknya ga enak rasanya mulut dan susah tidur. Hal ini di karenakan kita tidak melakukan kebiasaan, Hal ini akan di anggap aneh oleh otak.

Buku ‘The power of habit’ ini, menceritakan tentang banyak kasus-kasus tentang kebiasaan orang. Seorang pasien bernama Eugune mengalami penyakit dimana, setiap 15 menit dia akan lupa. Lupa siapa dirinya, dimana dia berada, lupa kenapa dirinya disana dan banyak hal lainnya (mirip 50 first date lah). Setiap hari istrinya membawa Eugene untuk berjalan-jalan pagi keliling kompleknya.

Suatu hari Eugene pergi seorang diri berkeliling komplek, istri dan keluarganya panik mencari dirinya. Ajaibnya Eugene bisa kembali ke rumah dengan selamat dengan usahanya sendiri. Kebiasaan (habit) ternyata diluar bagian memori / ingatan. Bisa karena biasa itu ternyata ada benarnya. Kebiasaan membuat orang banyak melakukan aktivitas tanpa harus banyak berpikir.

Struktur kebiasaan itu ada 3:

  1. Trigger/cue
  2. Activity/routine
  3. Reward

slide119

Manusia bisa mengganti kebiasaannya dengan mengubah bagian kedua alias action. Trigger dan resultnya sama tapi, actionnya berbeda. Misalnya Anda ingin rajin berlari tiap pagi.

-Triggernya adalah bangun tidur terus merenggangkan badan.

-Action yang lama Nonton TV selama 1 jam

-Reward Senang

Gantilah actionnya dengan berlari keliling komplek. jadinya;

-Triggernya adalah bangun tidur terus merenggangkan badan.

-Action yang baru; berlari selama 1 jam (udah sama ganti baju dan iket sepatu)

-Reward Senang

Gampang kan?

Pada prakteknya untuk mengubah kebiasaan orang perlu waktu 30 hari untuk manusia disiplin melakukan hal ini. Mengubah kebiasaan itu memang penuh perjuangan sih. Setelah menjadi kebiasaan maka tubuh Anda kan secara alami ngidam ingin lari setiap pagi. Itu sih beberapa isi singkat dari buku ‘The power of habit’. Buku ini cocok banget buat orang-orang yang mau mengubah kebiasaan buruknya atau mau mengubah kebiasaan lamanya.

Advertisements

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

One thought on “485. The power of habit review!

  1. Pengen baca ini juga, thx for the review bang 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s