KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

486. Hubungan antara gaji dan motivasi bekerja!

Leave a comment

Di suatu malam yang mendung karena, habis hujan Saya mempelajar satu hal yakni judul hubungan gaji dan motivasi bekerja. Seberapa besar sih uang memotivasi manusia dalam menjalankan tugas? Dikarenakan keadaan yang hujan, becyek dan ga ada ojyek Sayapun memesan aplikasi karya anak bangsa. Bang Gojyek (BG) pun datang menjemput.

Selama perjalanan Bang Gojyek a.k.a BG  curcol coy.

BG bercerita betapa bahagianya dia dikala agustus hingga desember 2015. Dimana BG kebanjiran pesanan dari nganter orang, paket dan anter makanan. Dia bahagia karena, hidupnya yang selama ini mangkal dan banyak menganggur kini menjadi lebih produktif. Kalau dulu mangkal paling dapat 100 ribu/hari. Itupun udah kondisi yang amat bagus namun, di masa agustus 2015 BG bisa mendapat 400ribu per hari dan melayani lebih dari 20 order!

400 ribu/hari x 30 hari kerja(non-stop si BG) = 12 JUTA’an bersih udah di potong pajak.

Masa-masa romantis 12 juta perbulan bisa terjadi karena, BG belum memiliki banyak saingan driver dari perusahaannya sendiri dan perusahaan lain.BG rela bekerja 30 hari non-stop dan membeli sekotak jamu tolak angin demi membahagiakan anak-istri , anak-anak dan orang tuanya. Di masa-masa romantis itu komisi BG per KM adalah Rp 3.500,-.

Layaknya pacaran, masa-masa romantis BG dan pekerjaannya semakin hari semakin membuat BG kesal. Komisi per KM perlahan tapi, pasti berkurang Rp 500/km. Hingga November 2016 komisi BG per KM adalah Rp 2.500,- . BGpun mengeluh bahwa, jumlah permintaan tak sesuai dengan jumlah penawaran. Terlalu banyak driver yang berada di jalanan sedangkan, jumlah penumpang tidak bertambah secara signifikan. 1 penumpang bisa punya 3 layanan ojek online di HPnya. Demo yang sempat menghebohkan kota Jakarta pun bukannya membawa perubahan yang lebih baik malahan, membuat BG makin sulit. Bonus yang dulunya bisa di dapat dengan melayani 14 poin, setelah demo malah menjadi 18 poin untuk mendapatkan bonus.

18 poin artinya harus melayani 18 orang yang di antar atau melayani 9 pesanan makanan(karena makanan poinnya 2). Kombinasi semua keadaan diatas membuat BG tidak semangat lagi bekerja. Di masa-masa romantis (agustus-november 2015) dimana dia bisa mendapatkan 12 juta sebulan asalkan rajin membuat BG semangat narik dari pagi hingga malam. November 2016,Semangat itupun kian lama kian redup.

Kalau dilihat dari cerita BG diatas Saya mempelajari. Hal terutama yang mempengaruhi motivasi kita dalam bekerja adalah Mengapa kita bekerja alias untuk apa sih kita bekerja?  Semakin besar alasan mengapa kita bekerja maka, semakin besar motivasi dan semangat kita dalam bekerja.

Di cerita diatas BG bekerja untuk membahagiakan anak, istri dan orang tuanya. Disaat penghasilan perbulannya turun maka, BG menjadi takut akan nasib anak,istri dan orang tuanya yang BG nafkahi. Hal itulah yang membuat semangatnya padam. Keluarga adalah alasan utama BG narik bukan demi, uang/gaji.

Menurut pengalaman Saya orang yang bekerja dengan motivasi membantu orang lain, membahagiakan keluarga, dan menjadikan keadaan lebih baik akan lebih gigih berjuang. Dibandingkan orang yang bekerja hanya untuk mendapatkan uang.

Semoga nasib BG dan teman-temannya bisa menjadi lebih baik. Amin.

Advertisements

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s