488. Industri game di Indonesia di tahun 2012

Preview game Smart Ranch

Di tahun Naga air alias tahun 2012, Saya  adalah mahasiswa  tingkat akhir yang amat sangat berminat ke industri Game. Di tahun Naga Air itu, Industri game di Indonesia memang sedang maju-majunya. Banyak anak muda ingin sekali berkecimpung di Industri kreatif satu ini. Game sendiri merupakan industri yang seharusnya padat karya dan padat modal sama seperti industri film.

Dalam pembuatan game di butuhkan banyak orang dengan berbagai jenis posisi. Dari Penulis cerita, komposer musik, game desainer, 3D designer, Illustrator, programmer, QA tester dna masih banyak posisi lainnya. Kalau gak percaya coba aja deh cek bagian “CREDITS” di game GTA V. Bisa 10 menit sendiri baca nama-nama orangnya.

Yak, kembali di tahun 2012, Banyak sekali studio developer game yang bermunculan di Indonesia terutama di kota Bandung. Sebut saja nama-nama besar seperti Agate,  Garuda Games, Nightspade, Tinker Games, RGB, Ulin Games dan lain-lain. Kebanyakan studio game ini mengejar pangsa pasar game smartphone di Android dan iOS.  Sayapun pernah terjun ke bidang tersebut.

Dimana ada game yang dibuat karena, keinginan bersama dan ada game yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan lomba,hehehe. Dimana saat itu lomba-lomba IT memang banyak banget dan sedang gencar-gencarnya. Banyak perusahaan besarpun mengadakan lomba di bidang IT lomba-lomba seperti IWIIC oleh Indosat, INDIGO oleh Telkom, ada lomba dari Samsung, Intel, Microsoft, BlackBerry, Nokia,  dan lain-lain. Tak hanya perusahaan besar, pemerintahpun banyak menggelontorkan dana untuk membangun industri kreatif. Ada lomba INAICTA oleh menkominfo,  Inacracft, Apicta, dll.

Di tahun 2012, Semua orang melihat industri game adalah industri yang penuh dengan potensi. Dari banyak nya lomba itu saja hadiahnya bisa untuk membiayai operasional studio game. Teringat di benak Saya dimana, kalau ngumpul game developer Bandung itu pasti suasanannya penuh bisa sampai 50 orang. 50 Orang itu ada yang tergabung di studio game ada juga yang perorangan mau bikin game sendiri.

Banyaknya studio yang berdiri pastinya menjadikan persaingan di dunia game developer Indonesia semakin ketat. Ketatnya persaingan akan menghasilkan kualitas produk yang bagus sehingga, standar game Indonesia akan meningkat. Di tahun 2012, Sayapun berpikiran bahwa, industri game Indonesia pasti maju pesat.

Waktu terus berjalan, satu-persatu studio game menghilang dari peredaran. Lomba-lombapun tidak seramai dahulu. Keadaan menjadi sulit bagi para pelaku industri game.

Tulisan ini Saya merupakan pengalaman Saya saat berkecimpung di industri game dan Saya dedikasikan kepada kawan-kawan game developer di Indonesia.

Advertisements

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s