497. Generasi haus pujian

Para milenial
Konon katanya ciri generasi milenial adalah foto dulu sebelum makan.

Beberapa hari lalu Saya mendapatkan pelatihan seminar bagaimana membina hubungan yang baik dengan bawahan.  Di salah satu bagian presentasi dari pelatihnya, Dia membahas tentang bagaimana karakteristik dan cara menangani kaum milenial. Anehnya, Saya juga kaum milenial dan pemuja santan,ahahhaha. #SopKakiKambingBetawi #Rendang #Tunjang #Kolak

Kata si Ibu pelatih, generasi milenial itu “Instagratification”(gini gak sih nulisnya?).

Artinya mereka mengharapkan pujian yang instan sebagai bukti diri mereka di hargai dan di akui keberadaannya. Hal ini berakar dari kurangnya pujian dan interaksi dari orang tua mereka (generasi X). Dimana generasi X sibuk kerja kantoran, waktu dan tenaga habis untuk bekerja. Sehingga minim sekali waktu dan tenaga untuk anak-anaknya. Ketemu aja jarang, gimana memuji? Pasti lebih jarang lagi .Anak-anak ini sekarang menjadi generasi Milenial ato generasi Y.

Haus pujian yang instan ini terbukti dari perilaku generasi milenial yang suka pamer.Pamer dengan harapan mendapatkan pujian dan perhatian dari teman-teman atau orang lain. Pamer foto dan video demi mendapatkan “Like” dan komentar secara cepat.  Jumlah “like” dan “Follower” pun menjadi mata uang tersendiri bagi pembuktian eksistensi diri mereka.

“Gile juga ini ibu pelatih. Dalem juga elmunya” kata gue di dalem hati. (Ya iya lah, itu kerjaan dia)

Sebagai pemimpin yang memilki junior atau bawahan generasi milenial, maka si Ibu pelatih pun menganjurkan untuk memberikan “Instagratification”. Kalau ada yang jelek langsung di omongin. kalau ada yang bagus langsung di puji dan di pujinya kalau bisa di depan umum. Kayak di sosmed aja dimana jumlah “like” dan komen terlihat di depan umum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s