505. Design Talk Traveloka dalam 2 menit!

505. Design Talk Traveloka dalam 4 menit!
Berikut ini ketiga pembicaranya nih, Dari kiri ke kanan; ada kak Bowo (bukan Capres), Kak Dhea dan Kak Yehezkiel Gulo (Senior Lead UI Designer Traveloka).

Berikut ini rangkuman Acara Design talk di Traveloka yang selama 2 jam lebih dalam 2 menit, menurut Saya;

Apa bedanya empati dan simpati?  Empati itu menempatkan diri dan cara memandang kita sebagai orang lain (Mengimajinasikan diri kita di posisi dia).  Simpati itu lebih kepada kita sebagai pihak luar merespon terhadap keadaan orang lain contohnya; bela sungkawa, turut berbahagia dan berbagai ungkapan lainnya.

Empati itu bisa dilatih caranya dengan banyak melakukan hal yang enggak elo banget. Contohnya lo suka film horor kayak “A Quite Place” cobalah sekali-kali nonton drama korea yang enggak elo banget contohnya “Legend of blue sea”. Cara paling  gampang di terapkan sehari-hari adalah cobalah makan siang sama orang-orang yang enggak satu profesi atau satu tim sama kamu. Jadi misalnya; elo UI designer di tim payment. Jangan makan siangnya sama gerombolan tim payment ato dengan para UI designer melulu.

Terakhir, jangan cuman ber empati dengan user kalian saja tapi, dengan semua orang. Developer kalian, PM, orang marketing, tetangga, sanak saudara, handai taulan, Ayah dan Ibu. Empati itu subjektif yah jadi, salah satu tools yang membantu kita mengetahui user maunya apa secara objektif adalah bikin empathy map.

Selengkapnya bisa nonton yutubnya;

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s