KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life


Leave a comment

482. Beberapa hal yang Saya pelajari dari dunia Startup 2016!

bootstrap-alley-jakarta

Beberapa hal yang Saya pelajari dari dunia Startup 2016! Dunia Startup IT itu keras bro!

Tahun 2017 tinggal hitungan beberapa jam lagi. Di penghujung tahun 2016 ini, Saya akan membahas beberapa hal yang Saya pelajari di tahun 2016 mengenai startup. Industri startup teknologi memang sangat dinamis dan penuh dengan hal tak terduga. Berikut ini beberapa hal yang Saya pelajari di tahun 2016:

1. Startup pada jualan pulsa

Perusahaan-perusahaan teknologi berbondong-bondong menjual pulsa secara online. Mau itu Bukalapak, Lazada, JD, Tokopedia, Go-Jek hingga, Traveloka mulai menawarkan pulsa ke konsumen. Bukah hanya pulsa, mereka juga menjual paket data. Bahkan startup yang fungsi utamanya adalah fintech yang meng gratiskan transfer bank, menjual pulsa dan paket data juga. Pulsa dan paket data memang komoditas yang menggiurkan karena, banyak orang yang membutuhkan. Kudo sendiri sudah menjual pulsa sejak agustus 2014. Boomingnya jualan pulsa memang sudah kami antisipasi,hehehe.

2. Cicilan dimana-mana

Di tahun 2016 ini, banyak startup membuat program cicilan. Iyak, cicilan yang dibuat sendiri ataupun bekerja sama dengan bank atau pihak ke tiga. Dengan adanya sistem cicilan ini maka, pembeli akan semakin percaya (karena kalau cicilan lebih berkekuatan hukum + ada pihak penjamin) dan barang-barang akan semakin terjangkau terutama barang elektronik. Masalahnya di Indonesia, masyarakat Indonesia kurag terbiasa dengan sistem cicilan dan lebih percaya dengan uang tunai. Program cicilan dengan potongan harga pun mulai menjamur dimana-mana. BTW bukan cuman barang elektronik deh, jualan mobil bekaspun ada cicilan 0%nya.

3. Winter is coming~

Artinya adalah banyaknya startup yang tutup karena, tidak mendapatkan pendanaan seri-A karena, investor lebih selektif dalam menggelontorkan uang. Startup pun harus cermat-cermat dan irit dalam mengeluarkan uang. Kondisi ekonomi dunia yang sedang lesu ini berdampak pada kondisi startup Indonesia. Hal kedua yang menyebabkan banyak startup tutup adalah bakar duit untuk promo gila-gila’an agar mendapatkan konsumen. Banyak startup yang terpaksa membakar duit untuk bertahan hidup dan yang duitnya habis duluan mau gak mau harus tutup.

Hal ini terbukti dari, pengalaman Saya di TechInAsia 2015 di Jakarta yang lalu. Dimana banyak startup di kanan-kiri Saya yang membuka stand sekarang perusahaannya sudah tiada. Startup-startup yang dimana sangat percaya diri dan bersemangat di pameran tersebut banyak yang sudah menghilang. Ada yang karena, kehabisan uang, ribut dengan investor dan bahkan pegawainya banyak di hijack startup lain.

Saran Saya sih, jangan cuman menghabiskan uang untuk promosi doank. Lebih baik habiskan uangnya untuk menjaga tim ( terutama developer ) supaya lebih bahagia dan bisa maju bersama. Selamat tahun baru 2017!


2 Comments

458. Apa yang Saya pelajari dari program internship Kudo!

Sejak bulan Juni 2015, Saya di percayai oleh CEO dan COO dari Kudo untuk memimpin program internship di Kudo. Program intern Kudo ini isinya adalah 10 mahasiswa yang akan mengisi posisi Android Developer, Php developer, copywritter dan marketing designer . FYI buat yang belum tahu, Saya adalah seorang UX designer. Jadi ngerti kan masalahnya?

Gimana caranya bikin program internship untuk para mahasiswa yang kerjanya bukan di bidang kamu? Pada tahun 2011 pun Saya internship juga sebagai 3D Artist di geppetto animation. Secara pengalaman Saya belum pernah me manage program intern. Apalagi di bidang yang bukan Saya lakukan!? orang pekerjaan intern Saya aja beda banget dengan kerjaan Saya sekarang.

Akhir September 2015, ke sepuluh intern pun menyelesaikan program internship dari Kudo. Berdasarkan feedback dari mereka:

7 dari 10 mengaku skill programming/design/copywritingnya berkembang pesat hingga 200%

8 dari 10 menjadi tertarik dengan startup serta belajar tentang project dan time management nya

8 dari 10 intern mengaku senang dan mendapatkan teman baru sesama intern

lebih dahsyatnya lagi,

10 dari 10 intern akan kembali ke Kudo lagi!

Kok bisa?

Tujuan Saya dalam menjalankan program intern ini adalah

“Menjadikan program intern Kudo yang terbaik se-Asia tenggara! “

Gileee ambisius banget ye?

untuk menjadi yang terbaik maka Saya harus cari referensi dan menemukan beberapa prinsip dibawah ini. Demi ekosistem internship di Indonesia yang lebih baik akan, saya bagikan apa yang saya pelajari dan lakukan selama program internship di Kudo. Berikut ini beberapa hal yang Saya pelajari:

Continue reading


Leave a comment

438. Manfaat internship di Startup!

Tulisan ini Saya dedikasikan kepada kalian yang bingung mau intern/kerja praktek dimana.

428. Manfaat internship di Startup! Para mahasiswa Universitas Indonesia dan calon intern.

428. Manfaat internship di Startup! Para mahasiswa Universitas Indonesia dan calon intern.

Dewasa ini makin banyak perusahaan startup yang membuka lowongan untuk intern alias kerja praktek bagi mahasiswa dan siswa SMK. Kerja di perusahaan startup yang umurnya masih muda merupakan pilihan yang paling bijak di lakukan.

Kenapa?

Perusahaan yang usianya relatif muda ini masih sangat dinamis. Disana kita bisa belajar banyak hal karena, segala hal didalamnya belum terlalu terstuktur dan banyak aturan dari HRD. Menjadi intern di startup pastinya akan diberikan tanggung jawab yang lebih besar dan proyek yang nyata+berdampak. Berbeda dengan di perusahaan besar yang katanya sih internya cuman di suruh fotokopi dokumen, bikin kopi dan kalau diberi tugaspun malah di kasih proyek yang tidak nyata alias gak bakal di garap serius.

Menjadi intern di startup pastinya akan menguras energi yang lebih besar dibandingkan di perusahaan yang sudah besar. Hal itu sangat bagus karena, dengan besarnya tanggung jawab yang diberi maka kita bisa belajar lebih banyak. Toh fungsi utama dari intern atau kerja praktek adalah untuk menambah ilmu dan pengalaman.

428. Manfaat internship di Startup! Selain belajar bersama juga ada waktu bermain bersama.

428. Manfaat internship di Startup! Selain belajar bersama juga ada waktu bermain bersama.

Tak jarang setelah intern di Startup banyak teman saya (semasa saya kuliah) baik designer maupun programmer yang perkembangan skillnya meningkat secara tajam + dapat portfolio yang bisa di banggakan. Saran Saya, carilah startup yang memberikan kesempatan menimba ilmu dan pengalaman paling besar. Itu artinya startup tersebut menyediakan workshop bagi sang intern, ada bimbingan dari mentor dan, memberi kesempatan internnya untuk berkembang. Karena pada prakteknya ada juga startup yang hanya menjadikan internnya sebagai asisten yang bekerja dan bekerja terus hingga capek dan bosan.

Satu hal lagi! Kalau ada waktu nganggur di kantor, berinteraksilah dengan pegawai startup tersebut dan belajarlah lebih banyak dari mereka. Selamat mencari lowongan kerja praktek! cek juga beberapa link di bawah ini supaya kerja prakteknya semakin mantap!

Tips untuk pegawai baru!

Kerja di startup atau di perusahaan besar?

7 pertanyaan umum saat wawancara kerja!