KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life


Leave a comment

491. Harta, Tahta, Wanita dan DoTa

Harta, Tahta, Wanita dan DoTa

Judul diatas adalah sebuah ungkapan yang cukup populer di kantor Saya. Ada empat hal yang di incar seorang pria modern yakni, harta, tahta, wanita dan DoTa. Ada juga yang berkata bahwa “DoTa adalah akar dari segala masalah”,ahahhaa. Walopun sudah terkenal Mobile Legend tapi, main DoTa tetap beda gitu sih rasanya. Lebih puas. Ungkapan ini ada benarnya juga sih, gak jarang orang emosi karena, bermain DoTa. Sampe diem-diem’an bahkan. DoTa sendiri sudah ada dari zaman Saya SMP alias tahun 2002’an kalau gak salah. Game online yang sudah berumur puluhan tahun ini memang ajaib dan bisa membius pemainnya sampai bertahun-tahun!

Salah satu keasyikan main Dota adalah ketika bermainnya bareng-bareng teman di lokasi fisik yang sama. Misalnya main Dota bareng 5 lawan 5 sehabis kerja di Jumat malam. Sampai-sampai balik dari kantor jam setengah satu,ahahha…Wah, itu asyik banget sih. Mainnya dari yang lucu-lucuan sampai serius mampus. Kalau Saya teliti secara UX DoTa sudah melakukan banyak perubahan baik itu dari UI, status hero, map dan berbagai hal lainnya.

DoTa menurut Saya adalah salah satu cara yang ampuh melepaskan stress sekaligus, nambahin stress,ahahha. Kalau kalah mulu orang bisa BT abis. lebih BT daripada liat mantan liburan ke pantai dengan lelaki lain.

“Klak-klik-klik-klik-klik”

“Tak-tak”

“klik-klik-klik-klik”

“U-u-u-ultra KILL!”

Itulah yang Saya sering dengar kalau bermain DoTa. Ribuan suara klik mouse dan keyboard bagaikan suara jangkrik di tengah hutan tropis. Sangat riuh terdengar dan setiap pemainnya benar-benar serius memainkannya. ngobrol dan becanda paling pas hero nya mati aja. Ada teman Saya yang menghabiskan puluhan ribu jam dalam memainkan DoTa ini. Benar-benar berdedikasi sekali orang ini.

Kayaknya hampir semua pegawai StartUp yang Saya temui kayaknya main DoTa deh,hehehe…Emang DoTa itu bagaikan candu sih. Kalau Saya sendiri, rada males main DoTa kalau gak bareng temen-temen ( misalnya lawan orang lain online yang gak tahu dimana dan bangsa apa itu orang). Jadi bermainlah DoTa sebelum Dota itu dilarang.


2 Comments

158. A Calendar of Blogs!

Semangat baru untuk tahun 2014

Semangat baru untuk tahun 2014.

Tidak terasa tahun 2013 akan segerra berganti tahun 2014. 12 bulan sudah terlewati. Berikut ini saya rangkum selusin tulisan blog kraukraukdi.wordpress.com yang menarik pada tiap bulannya dari Januari 2013 hingga Desember 2013! Berikut ini kumpulan tulisan terbaik dari blog Kraukraukdi.wordpress.com, Cekidot!

Januari:  024. Hidup Monoton vs hidup Menonton!
Tontonan Anti-Main Stream yang menghibur, berkualitas tinggi namun jarang diketahui masyarakat Indonesia.

Febuari:  027. Rapat Merapat!
Berkisah tentang perancangan game yang memiliki banyak parameter yang harus dipertimbangkan.

Maret: 029. Towerscape! my First iOS game!
Tulisan ini mengupas tuntas game pertama saya yang saya garap untuk iOS. Game ini memiliki genre 2D platformer dan dialamnya terdapat cerita yang menarik.

April: 032. Top 5 web that make you’re life easier (as designer)
5 website yang membuat para desainer lebih produktif dan kreatif sehingga pekerjaanpun cepat selesai dengan hasil yang memuaskan.

Mei: 037. Belajar kepemimpinan dari CEO XL!
Wawancara eksklusif dengan Pak Hasnul Suhaimi,CEO XL axiata yang berhasil membangkitkan XL dari keterpurukan.

Continue reading


2 Comments

027. Rapat Merapat!

Dari tanggal 18 sampai 26 Februari 2013 setiap hari saya rapaa~aat melulu! Sekali rapat itu durasinya 2 sampai 5 jam! Kebayangkan capeknya? Rapat untuk menentukan masa depan game yang sedang saya garap. Game untuk iPhone yang merupakan game strategi jenis tower defense bercampur dengan Collecting monster. Entah apa jadinya nanti? Masih menjadi misteri. Mungkin dari kalian bertanya “ Emangnya kalau mau bikin game harus sering rapat ya?” Jawabannya relatif. Kalau koordinasi diawal bagus maka rapat akan jarang dilakukan.

Kesalahan dalam penggarapan game ini adalah dimana desain yang di lebih dahulukan daripada konsep cara bermain dan penentuan parameter-parameter yang ada. Jadi model 3D monster sudah selesai semua namun bagaimana game ini bekerja, bagaimana cara mendapatkan monster,cara bermain tower defense dan ceritanya bagaimana bahkan belum ditentukan. Hal inilah yang menimbulkan banyak miskomunikasi dan mengakibatkan seringnya diadakan rapat. Saya adalah anggota paling baru yang bergabung dalam project ini karena baru menyelesaikan Towerscape langsung bergabung ke project ini.

Continue reading