Categories
Kisah hidup

639. Kisah Nyubtri si anak burung trucuk

Juni 2021

Di bulan Juni 2021, Ayah Saya mengambil satu anak burung dari sangkar yang ada di pohon pekarangan. Didalam sangkarnya ada 2 anak dan sepengalaman kami, kalau ada 2 atau 3 anak maka pasti akan ada yang mati. Biasanya yang selamat hanya 1 anak burung saja. Kenapa bisa begitu ? Hal ini mungkin sudah seleksi alam yah dimana burung trucuk itu kan mulut dan tenggorokannya kecil jadi, memberi makannya juga cuman bisa sedikit.

Burung juga cenderung memberi makan anak yang paling berisik atau paling dekat saja. Hal ini menjadikan anak yang lainnya makin lemas dan akhirnya gak kebagian makanan hingga mati.  Balik ke anak burung yang diambil dari sarang. Anak burung ini jantan dan memang adiknya dari si Nyub dan Nyubtu jadi, namanya Nyubtri. Nyubtri ini akan Saya pelihara hingga cukup dewasa lalu dilepas liarkan seperti Nyubtu.


Nyubtri namanya

Ini fotonya Nyubtri sedang berjemur. Gemuk kan?

Nyubtri sendiri makannya di awal-awal sangat amat banyak. Suaranya juga kenceng, pas gede bakalan bagus nih. Hal yang Saya buat kagum adalah Nyubtri ini mungkin karena, makanannya bagus maka dia bisa terbang lebih cepat daripada burung-burung seumurnya. Terbangnya juga sudah bisa jauh walaupun, buntutnya belum tumbuh sehingga susah navigasinya. Setiap hari Saya merawat Nyubtri dengan memberikan makan, minum dan tentunya dijemur 30 menit setiap pagi. Belum lagi setiap mau makan Saya latih dia buat terbang

Saat Nyubtri berumur kira-kira 2 minggu’an disuatu siang Saya kaget kok dia diem aja dikandang. Pas Saya pegang ternyata dia lumpuh mendadak. Saya kira mungkin dia patah tulang karena, terbang-terbang atau kenapa. Sayapun merawat Nyubtri dikandangnya dan Saya pegang pas kasih makan aja.

Kenapa sih Saya pegang pas dikasih makan?

Karena kakinya sakit sehingga badannya meringkuk dan menunduk. Jadinya kalau makan nunduk kan bisa muntah. Minumpun juga susah sehingga, perlu dibuat tegap badannya.


Sakit selama 2 minggu 😿

Selama 2 minggu Saya merawat Nyubtri yang sakit ini dikandang. Hingga akhirnya Papa Saya bilang kalau ga sembuh-sembuh gini mungkin kena penyakit atau virus. Pas lihat-lihat di Youtube benar saja ada penyakit atau virus yang menyerang anak burung sehingga lumpuh mendadak.

Salah satu gejala sakitnya adalah kakinya yang menggenggam terus dan kakinya menyilang. Berdasarkan channel Youtube harus di rehabilitasi supaya kakinya lurus ga nyilang. Nah, cara rehabnya pakai toples dan biarin kakinya menggantung. Ini Saya kasih tanah dibawahnya supaya berat dan ga jatoh kalau goyang.

Papa Saya pun membelikan obat saraf untuk penyakit ini. Setiap diberikan obat ini anak burung suka melepeh obatnya. Gak enak kali yah rasanya. Selang beberapa hari Papa Saya melihat orang tuanya Nyubtri sudah punya anak lagi di sangkar pohonnya dan dia menawarkan mau diambil apa tidak? Saya langsung menjawab tidak karena, ingin merawat Nyubtri hingga sembuh saja.


Pagi hari ini…

Selama seminggu lebih Saya merawat Nyubtri dan tidak lupa diberikan obat saraf. Hingga pagi ini saat tulisan ini Saya ketik, dia tiba-tiba lemas. Tidak bunyi sama sekali. Dikasih minum dan makananpun gak mau tapi, Saya lihat badannya masih goyang-goyang. Seakan-akan susah bernapas / ngap-ngap’an. Saya pun membiarkan Nyubtri dan berharap siapa tau dia semakin membaik. Jam 9 pagi Saya cek kandangnya Nyubtri masih diposisi semula namun, matanya sudah tidak bercahaya lagi. Matanya sudah redam dan padam walaupun masih terbuka.

Sayapun memegang Nyubtri dan badannya kaku namun,karena tidak yakin dia masih bernyawa atau tidak Sayapun membawa ke Ayah Saya. Setelah di cek ternyata Nyubtri sudah meninggal dengan umur yang masih sangat muda. Ganti bulu saja belum burung ini. Sejujurnya baru kali ini Saya memelihara burung yang sakit dan meninggal. Sedih rasanya Nyubtri meninggal dunia tapi, mungkin ini yang terbaik bagi dia daripada menderita seumur hidupnya. Sayapun bergegas menguburkan Nyubtri si anak burung trucuk ini dan membersihkan kandangnya. Doa Saya semoga Nyubtri bahagia di sisi-Nya.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.